Rencana Evaluasi dan Peer Teaching, Langkah 7 PPG Tahun 2022

HusainAhmad.com Teman-teman semua pada kesempatan kali ini kita akan membahas langkah ke-7 dari total 9 langkah dalam kegiatan PPG dalam jabatan tahun 2022. Setelah sebelumnya kita membahas tentang langlah 6. Rencana aksi, maka kali ini kita akan membahas tentang langkah 7. membuat rencana evaluasi dan peer teaching.

Rencana Evaluasi dan Peer Teaching

Tepatnya pada hari ke 25 dan 26, peserta akan diminta untuk membuat rencana evaluasi, sekaligus melakukan praktek mengajar dalam bentuk peer teaching. Dengan mekanisme pada hari ke-25 dijadwalkan minimal 4 JP sinkronous, dan pada hari ke 26, 3 JP sinkronous.

Mungkin ada yang bertanya mengapa kita harus membuat rencana evaluasi, bukankah itu sudah ada dalam perangkat pembelajaran yang kita buat pada rencana aksi. Nah, ternyata yang dimaksud dengan rencana evaluasi dalam langkah ini adalah, ditujukan untuk peserta PPG bukan untuk peserta didik.

Maksudnya adalah, kita akan diminta membuat instrumen untuk mengevaluasi bagaimana kita mengimplementasikan rencana aksi yang telah kita buat. sebagai contoh, jika kita menyebut dalam LK 2.2 Penentuan Solusi adalah penerapan model PBL untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Maka kita harus membuat lembar observasi keterlaksanaan model PBL juga angket untuk mengukur motivasi siswa.

Instrumen Rencana Evaluasi dan Peer Teaching

Produk atau isntrumen yang mungkin bapak ibu harus buat dalam kegiatan ini adalah:

  1. Jurnal refleksi
  2. Lembar Observasi
  3. Lembar wawancara
  4. Intrumen untuk Survei
  5. Artefak Hasil belajar siswa.

Pada kalimat diatas, saya mem bold kata mungkin karena sekali lagi instrumen rencana evaluasi yang bapak ibu akan buat sangat mungkin berbeda antara satu peserta dengan peserta yang lain. hal ini dapat terjadi karena, instrumen rencana evaluasi ini disesuaikan dengan solusi dan rencana aksi yang masing-masing telah bapak dan ibu buat.

  1. Uji Komprehensif PPG Tahun 2022 dan Aspek Penilaiannya
  2. LK 2.2 Penentuan Solusi, Cara Mengisi dan Contoh
  3. Cara Menyiapkan Instrumen dan Contoh Wawancara

Jurnal refleksi

Jurnal reflesi kegiatan pembelajaran, dapat dikembangkan berdasarkan beberapa model, kali ini saya akan memberikan salah satu contoh dengan model refleksi segitiga.

Model refleksi segitiga proses pembelajaran
Sumber: sangpendidik

pada contoh diatas, adalah jurnal refleksi model refleksi segitiga yang dapat dikerjakan siswa. Siswa dapat mengisi pada setiap kegiatan dengan cara melanjutkan setiap kalimat. Misalkan, setelah pembelajaran hari ini, saya akhirnya mampu….. dst.

Lembar Observasi

Selanjutnya adalah lembar observasi yang ditujukan sebagai “kontrol” keterlaksanaan rencana aksi yang sudah bapak ibu buat.. misalkan solusi yang bapak ibu buat adalah model maka lebar observasinya adalah keterlaksanaan model. Misalkan untuk keterlaksanaan salah satu model, contohnya sebagai berikut:

Jika dalam masalah Bapak/Ibu membahas tentang aktivitas siswa, berikut salah satu contoh lembar observasinya

Selanjutnya untuk lembar wawancara dan instrumen survey, bapak ibu sudah cukup familiar, karena wawancara telah beberapa kali dilakukan pada LK sebelumnya.

Untuk Persiapan Uji Komprehensif teman-teman dapat membaca artikel tentang daftar pertanyaan dan jawaban yang mungkin asesor tanyakan pada artikel berikut:

Ujian Komprehensif PPG 2022, Contoh Pertanyaan dan Jawaban

Artefak Hasil Belajar Siswa

yang dimaksud dengan artefak biasanya adalah kumpulan hasil kerja siswa. menurut saya hal ini terkait dengan, jika bapak ibu memilih solusi dalam bentuk model yang berbasis projek. maka artefak yang dimaksud adalah project kerja siswa.

Peer Teaching

Terakhir adalah pembahasan tentang peer teaching, ada beberapa ketentuan dalam kegiatan ini. Intinya adalah teman akan melakukan kegiatan peer teaching kemudian ditanggapi oleh dosen dan guru pamong dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Peer teaching dilakukan per mahasiswa, kurang lebih 30 menit (20 menit praktik mengatar dan 10 menit komentar), NB: namun tetap mengikuti arahan dari dosen dan guru pamong.
  2. Mahasiswa merekam (bisa dibantu admin) kegiatan pembelajarannya kemudian mengeditnya nanti dengan menambahkan identitas dibagian awal video.
  3. Mengumpulakn video yang tekah dbuat dalam bentuk link ke bagian 7.g Unggah Tagihan Peerteaching – Pembuatan Rencana Evaluasi. Link ini bisa saja dalam bentuk link youtube (jika di upload ke youtube), atau link google drive (jangan lupa aksesnya dibuka) jika diupload ke google drive.

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan untuk membagikannya, memberi komentar, dan meng klik iklannya…. Hal ini dapat menjaga eksistensi website ini. Terima kasih.

Untuk Persiapan Uji Komprehensif teman-teman dapat membaca artikel tentang daftar pertanyaan dan jawaban yang mungkin asesor tanyakan pada artikel berikut:

Ujian Komprehensif PPG 2022, Contoh Pertanyaan dan Jawaban

Sumber: Muh. Faizal
Sumber lain yang relevan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *