Pengukuran Dalam Fisika

Seorang ibu pergi ke pasar kemudian membeli satu kantung telur kemudian menimbang massanya, atau saat seseorang masuk ke pertamina dan meminta untuk mengisi bahan bakar mobilnya dengan pertalite sampai penuh. Tanpa disadari dua kegiatan ini adalah kegiatan pengukuran.

Ibu tadi menimbang massa telur adalah sedang melakukan pengukuran massa telur, petugas pertamina yang sednag mengisi tangki bensin mobil juga sedang melakukan pengukuran volume bahan bakar. Setiap hari kita tidak lepas dari kegiatan pengukuran, karena pengukuran bagi manusia sudah menjadi kegitan yang tanpa disadari telah dilakukannya.

Dari contoh kegiatan-kegiatan yang melibatkan pengukuran, apakah yang dimaksud dengan pengukuran itu? Lalu apa saja jenis pengukuran dan istilah-istilah dalam pengukuran? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita lihat ulasan berikut ini.

Pengertian Pengukuran

Pengukuran merupakan kegiatan membandingkan suatu besaran dengan satuan yang dijadikan sebagai patokan. Pengukuran merupakan sesuatu yang sangat penting dalam fisika, karena suatu pengamatan terhadap besaran fisis harus melalui pengukuran.

Pengukuran yang sangat teliti diperlukan dalam fisika, agar gejala-gejala peristiwa yang akan terjadi dapat diprediksi dengan teliti. Namun bagaimanapun juga ketika kita mengukur suatu besaran fisis dengan menggunakan instrument, tidaklah mungkin akan mendapatkan nilai besar yang 100% benar, melainkan selalu terdapat ketidakpastian atau kesalahan dalam pengukuran.

Pengukuran dalam ilmu fisika merupakan proses pemberian angka-angka pada benda yang akan diukur menggunakan alat yang dijadikan sebagai standar. Pengertian pengukuran sendiri jarang diketahui oleh orang-orang, namun sering dilakukan oleh orang-orang.

Jenis Pengukuran

Dalam fisika kita dapat mengklasifikasikan kegiatan pengukuran berdasarkan pada metode dan jumlah pengukuran yang dilakukan.

Berdasarkan Metode Pengukuran

Berdasarkan metode pengukuran yang digunakan, pengukuran dapat dibedakan menjadi pengukuran langsung dan pengukuran tidak langsung.

a. Pengukuran Langsung

Pengukuran langsung adalah pengukuran menggunakan alat ukur yang langsung terbaca hasil pengukurannya. Contoh dari pengukuran ini yaitu ketika kita mengukur panjang pensil menggunakan mistar, berarti kita melakukan pengukuran langsung karena panjang pensil langsung terbaca hasilnya menggunakan mistar.

b. Pengukuran Tidak Langsung

Pengukuran tidak langsung yaitu proses pengukuran suatu besaran dengan cara mengukur besaran lain. Pada pengukuran ini, digunakan beberapa alat ukur, dan hasil pengukuran selanjutnya merupakan hasil operasi (dapat perkalian atau pembagian) dari hasil pengukuran alat-alat ukur tersebut.

Contoh dari pengukuran ini yaitu ketika mengukur kecepatan gerak suatu benda, maka besaran-besaran yang harus diukur adalah panjang dan waktu (v=s/t). Jadi alat ukur yang digunakan untuk melakukan pengukuran ini ada dua, yang pertama alat ukur panjang (meteran/penggaris) dan alat ukur waktu (stopwatch). Dan hasil pengukuran nantinya yaitu hasil pengukuran panjang bagi waktu.

Berdasarkan Banyaknya Pengukuran

Jenis pengukuran berdasarkan banyaknya pengukuran dibedakan menjadi dua macam yaitu pengukuran tunggal dan pengukuran berulang. Adapun penjelasan adalah sebagai berikut:

a. Pengukuran Tunggal

Pengukuran tunggal yaitu pengukuran yang hanya dilakukan satu kali. Pengukuran ini dilakukan apabila: besaran yang diukur tidak berubah-ubah, sehingga jika dilakukan pengukuran tunggal atau sekali hasil pengukuran dianggap akurat. Kemudian kesempatan untuk melakukan pengukuran hanya satu kali.

b. Pengukuran Berulang

Pengukuran berulang yaitu pengukuran yang dilakukan berulang kali. Pengukuran dilakukan apabila: pengukuran tunggal memberikat hasil yang kurang akurat, hasil pengukuran tunggal lebih mendekati hasil yang senenarnya, dan ketidakpastian berulang lebih kecil daripada ketidakpastia tunggal.

Contoh Pengukuran

Berikut ini dijelaskan beberapa contoh pengukuran dalam fisika dalam kehidupan sehari-hari adalah

1. Seorang tukang yang hendak membuat rumah dengan luas 9 x 9 m terlebih dahulu mengukur lahan yang akan dipakai menggunakan alat ukur panjang meteran.

2. Seorang tukang lemari akan membuat lemari. Sebelum membuatnya, tukang kayu tersebut mengukur kayu tersebut lalu memotong dengan ukuran sket yang telah ditentukan.

istilah Dalam Pengukuran

Ada beberapa istilah dan definisi dalam pengukuran yang harus dipahami, diantarannya yaitu akurasi, presisi, kepekaan, resolusi, dan kesalah. Adapun penjelasan istilah-istilah tersebut adalah sebagai berikut:

1.    Akurasi merupakan kedekatan alat ukur membaca pada nilai yang sebenarnya dari variabel yang diukur.

2.    Presisi merupakan hasil pengukuran yang dihasilkan dari proses pengukuran, atau derajat untuk membedakan satu pengukuran dengan lainnya.

3.    Kepekaan merupakan ratio dari sinyal output atau tanggapan alat ukur perubahan input atau variabel yang diukur.

4.    Resolusi merupakan perubahan terkecil dari nilai pengukuran yang mampu ditanggapi oleh alat ukur.

5.    Kesalahan merupakan  angka penyimpangan dari nilai sebenarnya variabel yang diukur.

9 thoughts on “Pengukuran Dalam Fisika”

  1. Assalamualaikum pak
    Saya mau bertanya mengenai pengukuran berulang. Contoh pengukuran berulang dalam kehidupan sehari-hari seperti apa pak ? Saya sudah baca diatas ada 2 contoh tapi menurut saya kedua contoh itu adalah contoh pengukuran tunggal, jadi contoh pengukuran berulang itu seperti apa pak ?

    Mohon maaf bila ada salah kata🙏🙏

  2. Assalamualaikum pak,saya sudah membaca isi materi diatas.saya ingin bertanya pak,mengapa dalam pengukuran diperlukan beberapa metode yaitu metode pengukuran secera langsung dan pengukuran secara tidak langsung.sekian pak🙏

  3. Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barokatuh
    Dalam kehidupan sehari hari, metode pengukuran apa yang sebaiknya di gunakan, metode pengukuran langsung atau tidak langsung??

  4. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Izin bertanya pak🙏

    Alat apa saja yang bisa digunakan dalam pengukuran langsung selain mistar pak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *