Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Besaran adalah segala sesuatu yang dapat yang dapat diukur dan hasilnya selalu dapat dinyatakan dalam angka secara kuantitatif. Beberapa contoh besaran diantaranya adalah panjang, massa, berat, gaya. Sedangkan yang tidak temasuk dalam besaran adalah rasa manis, rasa pahit, dan rasa sakit. Yang membedakan hal-hal diatas hanyalah bahwa ada yang dapat dinyatakan dalam angka dan yang lainnya tidak.

Besaran Pokok

Secara sederhana, besaran dalam fisika dibagi menjadi besaran pokok dan besaran turunan. Besaran Pokok adalah suatu besaran yang satuannya telah ditetapkan lebih dahulu. Berikut beberapa besaran pokok dan satuannya dalam SI.

Tabel 1. Besaran Pokok

NoBesaran PokokSatuan (SI)
Nama BesaranSimbolNama SatuanSimbol Satuan
1Panjanglmeterm
2MassamKilogramKg
3WaktutSekons
4SuhuTKelvinK
5Kuat arusiAmpereA
6Intensitas CahayalCandelaCd
7Jumlah MolekulNMolemol

Besaran Turunan

Besaran Turunan adalah besaran yang diperoleh atau diturunkan dari besaran pokok, melalui operasi perkalian dan atau pembagian dua atau lebih besaran pokok. Beberapa contoh besaran turunan adalah luas, volume, berat, Gaya, kecepatan, dan percepatan.

Tabel 2. Besaran Turunan

NOBesaran TurunanSatuan (SI)
Nama BesaranSimbolRumusSatuan
1Volumepanjang x lebar x tinggim3
2Kecepatanvperpindahan /waktum/s
3Percepatanakecepatan /waktum/s2
4GayaFmassa x percepatankg m/s2
5Massa Jenisρmassa /volume
kg/m3
6TekananPgaya / luas
kg/m s2 (Pa)

Latihan Soal Besaran Turunan

  1. Tentukanlah satuan dari besaran turunan energi potensial. Jika diketahui persamaannya adalah:
E_p=mgh

dengan m adalah massa dalam kg; g adalah percepatan gravitasi bumi m/s2; dan h adalah ketinggian dalam m.

Solusi:

E_p=mgh\\=Kg\ m/s^2\ m\\=Kg\ m^2 /s^2 

2. Tentukanlah satuan dari usaha, jika diketahui bahwa persamaan usaha adalah:

W=Fs

dengan F adalah gaya dengan satuan Kg. m/s2 dan s adalah perpindahan dalam m.

Solusi:

W=Fs\\=(Kg\ m/s^2)(m)\\=Kg\ m^2 /s^2

dari dua contoh sederhana diatas terlihat bahwa, dua besaran berbeda bisa saja memiliki satuan yang sama. hal ini akan anda amati pada beberapa besaran yang lain.

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan untuk membagikannya, memberi komentar, dan meng klik iklannya…. Hal ini dapat menjaga eksistensi website ini. Terima kasih.

11 thoughts on “Besaran Pokok dan Besaran Turunan”

  1. Assalamualaikum
    Maaf pak,,sebelumnya saya hanya ingin berkomentar bahwa saya setelah membaca materi ini saya masih kurang paham dengan contohnya. Mungkin saya bisa lebih paham jika dijelaskan secara langsung🙏🙏

  2. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Pak, saya mahasiswi prodi pendidikan geografi A dengan nim 220109500010 nama Dewi Tasria.komentar saya pak, saya mengerti pak pada bagian pengertian besaran pokok dan turunan tpi kalau sudah masuk pada bagian rumus saya tidak mengerti.

  3. Bismillah, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Pak, mohon izin bertanya, saya dri IPS Pak, terakhir belajr fisika pas SMP, apakah setiap jawaban dari soal besaran pokok dan turunan itu selalu sama pak, atau bisa saja berbeda jawabannya pak ?🙏

  4. Assalamualaikum pak,saya sudah membaca materi diatas,saya belum paham dengan contoh soal diatas pak yaitu dibagian solusi,mungkin bapak bisa kasih contoh lain dan memmberikan penjelasan yang detail🙏

  5. Maaf sebelumnya yang ingin saya tanyakan ialah pada besaran turunan terdapat kecepatan dan percepatan nah apa yang membedakan kedua besaran tersebut karena kedua besaran tersebut sama sama arah bahasannya lebih ke waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *