Menentukan Akar Penyebab Masalah dan Contoh Mengisi LK 1.3 Penentuan Penyebab Masalah

HusainAhmad.com Pada tulisan kali ini kita akan membahas LK ke ketiga atau LK 1.3 Penentuan penyebab masalah. Penentuan Penyebab masalah adalah LK ketiga, setelah LK identifikasi masalah dan LK eksplorasi penyebab masalah.

Lebih detail ilustrasi analisis menyilang (sebab-akibat) dalam menentukan akar penyebab masalah dapat dibaca pada artikel berikut:

Analisis Penyilang Penentuan Akar penyebab Masalah

Pada kolom pertama hasil eksplorasi penyebab masalah:

Bagian ini kita peroleh dari LK. 1.2 yang merupakan hasil dari kajian literatur dan wawancara.

Kolom Kedua Akar Penyebab Masalah.

selanjutnya adalah bagaimana kita menentukan akar penyebab masalah, yang akan kita isikan pada kolom kedua. Sebelum membahas hal ini yang perlu teman-teman pahami adalah bagaimana kita menentukan agar penyebab masalah. Jadi pada bagian ini teman-teman bukan mencari akar masalah dari penyebab masalah yang didientifikasi melainkan teman-temamn menentukan oenyebab masalah yang mana yang merupakan penyebab utama yang mungkin menyebabkan masalah yang lain terjadi.

Sebagai contoh,

Identifikasi MasalahHasil Eksplorasi Penyebab MasalahAkar Penyebab Masalah
Rendahnya motivasi Belajar Siswa1. Masalah internal dalam kehidupan pribadi siswa.
2. Kurangnya perhatian orang tua terhadapa proses belajar siswa.
3. Guru kurang memberikan motivasi terhadap siswa.
4. Siswa tidak menyukai cara mengajar guru.
5. Guru mengajar dengan cara ceramah saja (tidak bervariasi) dan tidak menggunakan media.

Saya sedikit melakukan perubahan terhadap isian tabe l LK 1.3 ini, yaitu saya memberikan kolom masalah yang diidentfikasi. hal ini saya lakukan agar kita lebih mudah menentukan akar penyebab masalahnya terhadap masalah tersebut.

Dari tabel diatas dapat kita lihat bahwa terdapat lima faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa. Lima faktor ini tentu saja kita proleh dari hasil eksplorasi penyebab masalah yang bersumber dari kajian literatur dan wawancara. Dari 5 faktor inilah kita akan “melahirkan atau memilih” satu akar penyebab masalah.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengelompokan hasil eksplorasi masalah ini berdasarkan kriteria tertentu, untuk kasus diatas misalkan saya akan mengelompokkannya menjadi 2 bagian:

Bagian 1:

  • Masalah internal dalam kehidupan pribadi siswa.
  • Kurangnya perhatian orang tua terhadapa proses belajar siswa.

Bagian 2:

  • Guru kurang memberikan motivasi terhadap siswa.
  • Siswa tidak menyukai cara mengajar guru.
  • Guru mengajar dengan cara ceramah saja (tidak bervariasi) dan tidak menggunakan media.

dengan mudah sebenarnya kita dapat melihat bahwa pengelompokan ini saya lakukan berdasarkan, sumber masalahnya. bagian pertama adalah dari siswa sendiri, sedangkan bagian kedua bersumber dari gurunya.

Tentu saja kita dapat menggunakan patokan lain dalam melakukan pengelompokan, asalkan patokan itu berdasarkan pada teori tertu atau arahan dari dosen intruktur teman-teman dikelas. Untuk cara yang pertama tidka saya sarankan karena untuk mencari teorinya tentu saja akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Saya akan sedikit menguraikan hasil pengelompokan diatas.
Untuk bagian 1 dapat kita uraikan bahwa: Masalah internal dalam kehidupan pribadi siswa ini, salah satunya bisa saja adalah Kurangnya perhatian orang tua terhadapa proses belajar siswa., sehingga mengakibatkan rendahnya motivasi belajar siswa.

Untuk Bagian 2: secara sederhana dapat kita lihat bahwa, faktor terakhir yaitu, Guru mengajar dengan cara ceramah saja (tidak bervariasi) dan tidak menggunakan media, salah satunya adalah Guru kurang memberikan motivasi terhadap siswa akibatnya Siswa tidak menyukai cara mengajar guru. Berdasarkan uraian ini maka untuk bagian 2 ini, akar masalahnya adalah:

Guru mengajar dengan cara ceramah saja (tidak bervariasi) dan tidak menggunakan media.

Dalam memilih akar penyebab masalah saya sangat menyarankan untuk memilih akar masalah yang kira-kira teman-teman dapat rumuskan solusinya. Mengapa? karena pada LK-LK berikutnya teman-teman guru tentunya akan diminta untuk memberikan solusi terhadap akar penyebab masalah yang teman-teman ajukan. Sehingga tidak bijak misalkan untuk contoh yang saya berikan, memilih akar penyebab masalah: Masalah internal dalam kehidupan pribadi siswa.

sehingga akhirnya isian LK 1. 3 kita akan menjadi.

Hasil Eksplorasi penyebab MasalahAkar Penyebab MasalahAnalisis Akar Penyebab Masalah
1. Masalah internal dalam kehidupan pribadi siswa.
2. Kurangnya perhatian orang tua terhadapa proses belajar siswa.
3. Guru kurang memberikan motivasi terhadap siswa.
4. Siswa tidak menyukai cara mengajar guru.
5.Guru mengajar dengan cara ceramah saja (tidak bervariasi) dan tidak menggunakan media.
Guru mengajar dengan cara yang monoton dan tidak menggunakan media.Proses pembelajaran yang tidak bervariasi, lebih banyak dilakukan dengan ceramah dan tidak menggunakan media menjadi penyebab utaman rendahnya motivasi belajar siswa. Jika guru dapat melakukan proses pembelajaran yang lebih bervariasi maka besar kemungkinan akan meningkatkan motivasi belajar siswa

Nah, selanjutnya jika kita telah mennetukan dan yakin bahwa akar penyebab maslaah dari rendahnya motivasi belajar siswa adalah “Guru mengajar dengan cara yang monoton dan tidak menggunakan media”, maka kita akan beranjak untuk mengisi bagian analisis akar penyebab masalah.

Untuk mengisi bagian analisis akar penyebab masalah ini dapat dilakukan dengan memberikan deskripsi keterkaitan antara masalah dan akar penyebab masalah tersebut. Misalkan untuk contoh ini saya akan memberikan analisis sebagai berikut:

Proses pembelajaran yang tidak bervariasi, lebih banyak dilakukan dengan ceramah dan tidak menggunakan media menjadi penyebab utaman rendahnya motivasi belajar siswa. Jika guru dapat melakukan proses pembelajaran yang lebih bervariasi maka besar kemungkinan akan meningkatkan motivasi belajar siswa“.

hasil analisis ini dapat digunakan untuk mengisi kolom terakhir pada LK 1.3. Sehingga diperoleh seperti pada tabel diatas. Terima kasih. semoga Bermanfaat.

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan untuk membagikannya, memberi komentar, dan meng klik iklannya…. Hal ini dapat menjaga eksistensi website ini. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *