Cara Mencari Referensi dan Contoh Isian Kegiatan Kajian Literatur LK 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah.

HusainAhmad.com Setelah sebelumnya saya menulis tentang LK 1.2 eksplorasi penyebab masalah secara umum. Pada kesempatan kali ini, saya akan berfokus pada kegiatan kajian literatur atau mencari referensi untuk menganalisis masalah yang sudah diidentifikasi.

Pada pembahasan ini saya akan fokus pada mencari referensi dalam bentu artikel (nasional, internasional, dan procedings). Beserta dengan cara menuliskannya dalam laporan LK 1.2.

Sebelum kita mencari literatur, kita tentukan terlebih dahulu masalah hasil identifikasi. Misalnya, kita memilih masalah sesuai dengan tabel berikut:

Masalah yang diidentifikasi Hasil Eskplorasi Penyebab MasalahAnalisis Eksplotasi Penyebab Masalah
Guru belum mengoptimalkan model pembelajaran yang inovatif, sesuai dengan karakteristik Materi. Sumber Kajian Literatur:


Hasil wawancara:

Berdasarkan tabel diatas, maka kita dapat mencari referensi yang sesuai dengan masalah yang akan kita identifikasi. Pencaharian kajian literatur pertama adalah melalui google scholar.

Cara termudah adalah dengan mengakses google scholar atau google cendekia. https://scholar.google.co.id/, kemudian masukkan “frase” yang sesuai dengan masalah yang sudah kita identifikasi. Misalkan kita masukkan “Guru belum mengoptimalkan model pembelajaran yang inovatif”. Kita akan memperoleh hasil sebagai berikut.

Misalkan pada hasil pencaharian kita diatas, kita peroleh hasil artikle pencaharian teratas adalah artikel dengan judul: “Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif menggunakan Kahoot sebagai Digital Game Based Learning Di KKG Sekolah Dasar” dari jurnal pemikiran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dalam pendidikan.

Selanjutnya hal yang dapat kita lakukan adalah mendownload artikelnya atau dapat kita baca secara online. Untuk hal ini biasanya saya akan membacanya secara online saja. selanjutnya, karena untuk membaca keseluruhan artikel sangat tidak memungkinkan maka saya menyarankan untuk teman-teman membaca bagian abstrak saja.

Hal ini akan memudahkan teman-teman menemukan informasi penting dari hasil kajian literasi teman-teman, tanpa membaca keseluruhan artikel. Misalkan dari abstrak artikel diatas kite peroleh hasil bahwa: Guru belum mengoptimalkan model pembelajaran yang inovatif karena rendahnya pengetahuan dan keterampilan menggunakan model pembelajaran inovatif dengan menggunakan literasi digital sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Selanjutnya dalam artikel lain misalnya dari Faruq, 2022 dikatakan bahwa: Salah satu hal yang menyebabkan sulitnya guru mengoptimalkan model pembelajaran yang inovatif adalah, karena guru terlalu mendominasi dalam proses pembelajaran.

Mengisi LK 1.2

Maka dalam LK1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah kita tuliskan:

Masalah yang diidentifikasiHasil Eskplorasi Penyebab MasalahAnalisis Eksplotasi Penyebab Masalah
Guru belum mengoptimalkan model pembelajaran yang inovatif, sesuai dengan karakteristik Materi.Sumber Kajian Literatur:
Guru belum mengoptimalkan model pembelajaran yang inovatif karena rendahnya pengetahuan dan keterampilan menggunakan model pembelajaran inovatif dengan menggunakan literasi digital sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran (Feby, 2020).

Salah satu hal yang menyebabkan sulitnya guru mengoptimalkan model pembelajaran yang inovatif adalah, karena guru terlalu mendominasi dalam proses pembelajaran.(Faruq, 2022)

Hasil wawancara:


Nah, demikian salah satu cara yang dapat kita lakukan dalam mencari artikel nasional untuk kegiatan kajian literatur LK1.2 Eksplorasi penyebab masalah. Jika kita ingin menggunakan artikel internasional maka cara paling mudah adalah menuliskan dalam bahasa ingris frase yang ingin kita cari di google. Misalkan: untuk frase “model pembelajaran inovatif” kita tuliskan “innovative learning model” akan kita peroleh:

selanjutnya kita dapat melakukan hal yang sama, dengan kajian literatur pada artikel nasional.

NB: Untuk lebih menyakinkan, saya menyarankan setelah tabel Lk1.2 silahkan dituliskan artikel yang digunakan atau di sitasi dalam bentuk daftar pustaka atau referensi.

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan untuk membagikannya, memberi komentar, dan meng klik iklannya…. Hal ini dapat menjaga eksistensi website ini. Terima kasih

One thought on “Cara Mencari Referensi dan Contoh Isian Kegiatan Kajian Literatur LK 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *