Struktur Artikel: AIMRaD (Abstract, Introduction, Materials and Methods, Results, and Discussion).

Sebelum kita terlalu jauh dalam membahas tentang struktur artikel, perlu dicatat bahwa fokus dalam tulisan ini adalah artikel penelitian berdasarkan hasil penelitian, sesuai dengan latar belakang penulis. Paradigma penelitian yang lain seperti sosial sains dan humanities, biasanya menggunakan struktur artikel yang lain.

Yang paling relevan bagi para ilmuwan adalh article review, yang tidak menyajikan data baru, selain mendiskusikan temuan dan hasil penelitian ilmuan-ilmuan lain. Namun, kita akan membahas jenis artikel ini pada tulisan yang lain.

Pada tulisan ini kita akan berfokus pada struktur artikel hasil penelitian, yang biasanya terdiri dari AIMRaD (Abstract, Introduction, Materials and Methods, Results, and Discussion). Struktur ini secara sederhana dituliskan sesuai gambar berikut:

AIMRaD dalam bentuk jam pasir.

Menulis artikel berbeda dengan menulis proposal, yang harus dimulai dari atas ke bawah (judul sampai referensi). Dalam menulis artikel biasanya didahului dengan menuliskan hasil lebih dulu, selanjutnya seluruh struktur artikel mengacu atau berkaitan dengan hasil, data dan analisisnya.

Sehingga urutan penulisan sesuai dengan penomoran dalam jam pasir diatas.
(a) semua struktur artikel terkaiat atau diatur oleh “results”, data dan analisisnya.

(b) (1) Pendahuluan dimulai dengan fokus. Titik awal yang Anda pilih untuk Pendahuluan harus menjadi salah satu yang menarik minat yang hidup dari audiens yang Anda tuju ke alamat: pembaca internasional jurnal sasaran Anda.

(3) Pendahuluan diakhiri dengan fokus yang tepat sejajar dengan Hasil: sangat sering bagian ini berisi pernyataan yang berupa maksud penelitian yang telah dilakukan.

(2) Diantara 2 bagian ini, latar belakang informasi dan penelitian sebelumnya dianalisis bersama-sama untuk menemukan hubungan yang logis dan relevan dengan masalah yang dibahas dalam penelitian yang disajikan.

(c) Bagian metode atau sejenisnya, menunjukkan bagaimana penelitian dilakukan dan bagaimana data di peroleh. Bagian ini harus dijelaskan se detail mungkin.

(d) bagian diskusi secara khusus adalah bagian analisis dan pembahasan untuk semua hasil yang diperoleh. sebisa mungkin penjelasan data pada bagian ini dikaitkan dan dibandikan dengan hasil penelitian orang lain. serta didukung dnegan teori-teroi yang bersifat fundamental.

Gambar jam pasir diatas biasanya digunakan untuk menampilkan struktur dari AIMRaD sebuah artikel. dalam ganbar ini yang penting adalah lebar dan bentuknya bukan ukuran dalamnya yang menunjukkan tingkat pengtingnya bagian ini dalam artikel.

Namun tentu saja, tidka semua artikel harus mengikuti format struktur pada gambar diatas, Ada dua format variasi yang akan dibahas pada tulisan ini, seperti ditunjukkan pada gambar berikut:

Jurnal-jurnal dengan tingkat citasi tinggi seperti nature (UK) dan science (USA) menggunakan struktur artikel yang bervariasi, sesuai denga kategori artikelnya. Menunjukkan fakta bahwa tujuan mereka adalah untuk menghadirkan hasil-hasil penelirian terbaru yang memberikan dalam signifikan dengan cara yang mudah untuk diakses oleh banyak orang.

Banyak jurnal menawarkan alternatif format artikel untuk melaporkan hasil penelitian dalam bentuk artikel. Yang penting di antaranya adalah catatan singkat (juga disebut catatan penelitian atau catatan). Ini mungkin tidak termasuk judul bagian sama sekali, tetapi jika Anda membacanya dengan mata analitis Anda akan dapat menemukan jenis yang sama informasi seperti yang terkandung di bawah judul AIMRaD konvensional di artikel lengkap.

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan untuk membagikannya, memberi komentar, dan meng klik iklannya…. Hal ini dapat menjaga eksistensi website ini. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *