Sifat-Sifat Gelombang

HusainAhmad.com Sifat gelombang seperti pemantulan, pembiasan, dan difraksi terjadi dengan berbagai jenis gelombang. Sebuah riak dalam tangki dapat digunakan untuk mempelajari sifat gelombang ini. Tangki adalah baki transparan yang dangkal dari air dengan sisi miring.

Lereng atau sisi miring mencegah gelombang memantul dari sisi tangki. Jika sisi miring tangki benar-benar memantulkan, akan sulit untuk mendeteksi gelombang.
• Gelombang yang diamati dalam tangki riak disebut sebagai muka gelombang, yang adalah garis fase konstan (misalnya, puncak).
• Arah dimana gelombang merambat tegak lurus terhadap muka gelombang.

Gambar 1

Sifat Pemantulan

Gelombang lurus yang diarahkan pada sudut tertentu ke permukaan datar yang keras (reflektor) dipantulkan pada sudut yang sama, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2. Sudut antara muka gelombang yang dipantulkan dan permukaan sama dengan sudut antara muka gelombang datang dan muka gelombang. permukaan.

Gambar 2

Oleh karena itu arah gelombang yang dipantulkan berada pada sudut yang sama dengan reflektor sebagai arah
gelombang kejadian. Efek ini diamati ketika sinar cahaya diarahkan pada cermin datar. Sudut antara sinar datang dan cermin sama dengan sudut antara sinar pantul dan cermin.

Sifat Pembiasan

Ketika gelombang melewati batas di mana kecepatan gelombang berubah, panjang gelombang juga berubah. Jika muka gelombang mendekati pada sudut ke batas, mereka mengubah arah serta mengubah kecepatan. Efek ini dikenal sebagai refraksi.

Gambar 3 menunjukkan pembiasan gelombang air dalam tangki riak ketika mereka melewati batas dari air dalam ke dangkal pada sudut ke batas. Karena mereka bergerak lebih lambat di air dangkal, panjang gelombang h lebih kecil di air dangkal dan karena itu mereka berubah arah.

Gambar 3

Pembiasan cahaya diamati ketika sinar cahaya diarahkan ke blok kaca pada sudut (yaitu, tidak sepanjang normal). Sinar cahaya berubah arah ketika melintasi batas kaca. Ini terjadi karena gelombang cahaya merambat lebih lambat di kaca daripada di udara.

Difraksi

Difraksi terjadi ketika gelombang menyebar setelah melewati celah atau mengitari rintangan. Efeknya dapat dilihat pada tangki riak ketika gelombang lurus diarahkan pada celah, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 4.


• Semakin sempit celahnya, semakin menyebar gelombang.
• Semakin panjang panjang gelombang, semakin menyebar gelombang.

Gambar 4

Untuk menjelaskan mengapa gelombang didifraksikan saat melewati celah, pertimbangkan setiap titik pada muka gelombang sebagai pemancar sekunder dari wavelet. Gelombang-gelombang dari titik-titik di sepanjang muka gelombang hanya merambat ke arah di mana gelombang itu merambat, bukan dalam arah sebaliknya, dan mereka bergabung untuk membentuk muka gelombang baru yang menyebar di luar celah.

Aplikasi berdasarkan Karakteristik Gelombang

Piring TV satelit di Eropa harus mengarah ke selatan, karena satelit mengorbit Bumi tepat di atas khatulistiwa. Semakin besar piringan, semakin kuat sinyal yang dapat diterimanya, karena lebih banyak gelombang radio yang dipantulkan oleh piringan ke antena. Tetapi piringan yang lebih besar memantulkan gelombang radio ke fokus yang lebih kecil, karena lebih sedikit mendifraksikan gelombang. Oleh karena itu piringan perlu disejajarkan lebih hati-hati daripada piringan yang lebih kecil, jika tidak maka tidak akan memfokuskan gelombang radio ke antena.

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan untuk membagikannya, memberi komentar, dan meng klik iklannya…. Hal ini dapat menjaga eksistensi website ini. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *