Jenis Gelombang dan Karakteristiknya

Jenis gelombang

Gelombang yang melalui suatu zat adalah getaran yang melewati zat tersebut. Misalnya, gelombang suara di udara dibuat dengan membuat permukaan bergetar sehingga mengirimkan gelombang ion kompresi melalui udara di sekitarnya. Beberapa contoh dan jenis gelombang diantaranya gelombang bunyi, gelombang seismik, dan gelombang pada tali adalah contoh gelombang yang melalui suatu zat.

Jenis gelombang ini sering disebut sebagai gelombang mekanik. Ketika gelombang merambat melalui suatu zat, partikel atau zat tersebut bergetar dengan cara tertentu yang membuat partikel di dekatnya bergetar dengan cara yang sama, dan seterusnya.

Gelombang elektromagnetik terdiri atas medan listrik dan medan magnet yang saling berosilasi, medan elektromagnetik ini tidak memerlukan medium perantara. Medan listrik yang bergetar menghasilkan medan magnet yang bergetar, yang kemudian menghasilkan medan listrik bergetar lebih “kuat”, dan seterusnya.

Gelombang elektromagnetik meliputi gelombang radio, gelombang mikro, radiasi infra merah, cahaya, radiasi ultraviolet, sinar-X, dan radiasi gamma.

Gelombang longitudinal dan transversal

Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah getarnya sejajar (sepanjang) arah rambat gelombang. Gelombang suara, gelombang seismik primer, dan gelombang kompresi pada mainan slinky semuanya adalah gelombang longitudinal.

Gambar dibawah menunjukkan bagaimana gelombang longitudinal sepanjang slinky. Ketika salah satu ujung slinky digerakkan ke sana kemari berulang kali, setiap gerakan ‘maju’ menyebabkan gelombang kompresi melewati slinky saat kumparan saling mendorong. Setiap gerakan ‘mundur’ menyebabkan kumparan s bergerak terpisah sehingga
gelombang penghalusan (ekspansi) melewati slinky.

Ilustrasi gelombang Longitudinal
Gelombang Longitudinal

Gelombang transversal adalah jenis gelombang mekanik yang arah atau getarannya tegak lurus dengan arah rambat gelombang. Gelombang elektromagnetik, gelombang seismik sekunder, dan gelombang pada tali atau kawat busur semua gelombang transversal.
Gambar berikut menunjukkan gelombang transversal yang merambat sepanjang tali. Ketika salah satu ujung tali digerakkan dari sisi ke sisi berulang kali, gerakan menyamping ini bergerak bersama tali, karena setiap bagian tali tidak diluruskan ditarik ke samping ketika bagian di sebelahnya bergerak ke samping.

Gelombang Transversal

Polarisasi

Gelombang transversal terpolarisasi jika getarannya hanya pada satu bidang saja. Jika getaran berubah dari satu bidang ke bidang lainnya, gelombang tidak terpolarisasi. Gelombang longitudinal tidak dapat terpolarisasi.

Gambar berikut menunjukkan gelombang tak terpolarisasi yang merambat pada seutas tali. Ketika mereka melewati celah di papan, gelombang menjadi terpolarisasi karena hanya getaran yang sejajar dengan celah yang dilewatinya.

Cahaya dalri filament lampu atau lilin itu tidak terpolarisasi. Jika cahaya tdak terpolarisasi ketika melalui filter folaroid, cahaya yang ditransmisikan hanya akan terpolarisasi jika cahaya itu bergetar padasuatu rah tertentu, sesuai dnegan arah/susunan molekulnya.

Jika cahaya tak terpolarisasi dilewatkan melalui dua filter polaroid, intensitas cahaya yang ditransmisikan berubah jika satu polaroid diputar relatif terhadap yang lain. Filter dikatakan disilangkan ketika intensitas yang ditransmisikan adalah minimum. pada posisi ini, cahaya terpolarisasi dari filter pertama tidak dapat melewati filter kedua, karena kesejajaran molekul dalam filter kedua berada pada 90° terhadap keselarasan pada filter pertama. Ini seperti melewatkan gelombang tali melalui dua kotak surat yang tegak lurus ke
satu sama lain, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 4.

Cahaya merupakan bagian dari spektrum gelombang elektromagnetik. Bidang polarisasi gelombang elektromagnetik didefinisikan sebagai bidang di mana medan listrik berosilasi.

Kacamata hitam polaroid mengurangi silau cahaya yang dipantulkan oleh air atau kaca. Cahaya yang dipantulkan terpolarisasi dan intensitasnya berkurang ketika melewati kacamata polaroid.

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan untuk membagikannya, memberi komentar, dan meng klik iklannya…. Hal ini dapat menjaga eksistensi website ini. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *