PENJELASAN SETIAP STRUKTUR DALAM SCIENTIFIC PAPER

Pada beberapa tulisan sebelumnya kita telah membahas tentang struktur yang lazim digunakan dalam penulisan sebuah artikel hasil penelitian. Namun, masih fokus dalam struktur itu saja, belum membahas setiap bagian itu harunsya membahas apa saja.

sehingga pada tulisan kali ini, husainahmad.com akan membahas isi dari setiap unsur penyusun sebuha artikel ilmiah. Namun kita akan membatasi struktur itu dalam bagian: abstract, intriduction, methods, results/ results and discussions, discussions, conclusions, dan reference.

Abstract

Abstrak adalah versi pendek dari artikel dan harus memuat semua informasi yang dibutuhkan oleh pembaca untuk menentukan:

  • Apa tujuan dari penelitian yang anda lakukan.
  • Bagaimana penelitian itu dilakukan
  • Apa hasil yang diperoleh
  • dan apa siginifansi dari hasil tersebut.

Sangat sering, pembaca artikel jurnal hanya akan membaca bagian abstrak, ketimbang membaca keseluruhan artikel yang biasanya terdiri dari beberapa halaman. Oleh karena itu, bagian ini harus ditulis dengan hati-hati dan singkat sehingga memiliki dampak besar meskipun dituliskan dalam bentuk singkat.

Introduction

Pada bagian ini seharusnya menjelaskan tentang:

  • Mengapa penelitian ini penting untuk pengembangan di bidang tertentu dan apa tujuannya?
  • Bagian ini juga mendiskusikan tentang hasil dan kesimpulan penelitian terdahulu, untuk membantu menjelaskan mengapa penelitian anda menarik untuk dikerjakan.
  • Introduction dikembangkan dari hal-hal yang bersifat umum ke hal yang bersifat spesifik. Larang belakangnya harus di ringkas se singkat mungkin. Batasi introduction hanya pada studi yang berkaitan langsung dengan riset anda.
  • Kalimat terakhir pada bagian pendahuluan harus sebaiknya berupa pernyataan tentang tujuan dan hipotesis (jika ada). Hal ini juga akan menjadi transisi yang baik ke bagian selanjutnya, yaitu metode yang akan menjelaskan bagaimana bagaimana cara mencapai tujuan dan menguji hipotesis.

Methods/Materials

Bagian ini menjelaskan semua secara detail mengenail metode yang diperlukan oleh periset lainnya untuk “menduplikasi” penelitian anda. Harusnya berupa narasi langkah-langkah yang digunakan dalam penellitian anda. Bukan daftar instruksi. terkadang bagian methods juga memerlukan suplementary part yang diberikan secara terpisah dengan artikel paper.

Results

Bagian ini menyajikan data hasil penelitian anda, tapi tidak memberikan interpretasi atau arti dari data itu. Sama dengan bagian methods, trik untuk menulis results yang baik ada dengan mengetahui informasi apa yang dapat dimasukkan dan tidak.

Kita tidak akan menuliskan raw data yang kita peroleh, namun meringkas data itu dalam bentuk text, gambar, atau tabel. Caranya kita akan menggunakan test untuk menunjukkan data kita, kemudian merujuk pada gambar atau tabel tempat data itu ditampilkan.

NB: Pada sebagian besar jurnal bagian results dibagung dengan discussion, menjadi results and discussion.

Discussion

Pada bagian ini, kita diminta secara bebas untuk menjelaskan apa rati dari hasil yang kita temukan atau bagaimana hasil kita berbeda dengan hasil orang lain. Kita juga diminta untuk menginterpretasi secara singkat hasil-hasil orang lain, dengan menambahkan infirmasi dari artikle-artikel yang sudha kita sitasi (dibagian pendahuluan).

Sebaiknya juga kita menghubungkan hasil yang telah kita peroleh dengan, tujuan dan rumusan masalah yang telah kita bangun dibagian introduction. Namun, jangan hanya menyebutkan kembali tujuan dan hipotesis itu, kita harus membuat pernyataan dan menunjukkan buktinya.

Pada bagian ini juga kita sebaiknya memberikan saran aau usulan arag riset dimasa depan, metode baru, atau deviasi dari penelitian-penelitian sebelumnya.

Reference

Ini adalah bagian akhir dari sebuah artikel. Disini kita harus menyajikan secara alphabetical atau number sesuai urutan reference dalam artikel. Intinya adalah semua citasi yang kita sebut dalam naskah artikel harus ada dibagian referensi. Untuk keperluan ini saya snagat menyarankan untuk menggunakan software semisalm mendeley atau zotero.

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan untuk membagikannya, memberi komentar, dan meng klik iklannya…. Hal ini dapat menjaga eksistensi website ini. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *