18 SARAN UNTUK MENULIS ARTIKEL RESEARCH (BAGIAN 1)

Menulis dan mempublikasikan hasil penelitian terkadang menjadi momok bagi mahasiswa, dosen, dan atau peneliti. Meskipun demikian, kewajiban untuk menulis artikel adalah sebuah keniscayaan bagi seorang peneliti (mahasiswa dan dosen). Pada tulisan ini, husainahmad.com akan memberikan 18 saran untuk menulis artikel research yang baik.

Tulisan ini akan dibuat dalam 2 kali publish, sehingga untuk bagian pertama ini hanya akan dibahas 8 saran, tulisan kedua akan membahasa 10 sisanya:

Kenali Pembaca/audience anda, dan menulislah untuk meraka.

Sebuah artikel atau tulisan inlmiha lainnya tidak pernah ditulis untuk tujuan umum, tapi ditulis untuk pembaca yang spesific, yaitu komunitas khusus yang membaca jurnal topik-topik tertentu. Sehingga kita harus mengadopsi gaya dan level menulis yang sesuai untuk audience kita. Biasanya hal ini dapat author temukan pada bagian “Instruction for authors” pada lama jurnal.

Prosfesor atau pembimbing anda tidak punya waktu mengajari anda bahasa inggris. (khusus untuk mahasiswa)

Semakin banyak waktu yang supervisor anda gunakan untuk memeriksa bahasa inggris dari tulisna anda maka semakin sedikit waktu yang dia dapat gunakan untuk memeriksa content dari tulisan anda. Sehingga menjadi tanggaung jawab anda untuk betul-betul menguasai basic english. Selain itu anda dapat menggunakan bantuan software seperti grammar dan spellcheckers.

Jangan menyerah di draft awal.

Selalu, darft awal semua atau kebanyakan penulis itu adalah “bencana”. “Good writing is rewriting“, dan anda harus memberikan effort yang betul-betul serius dalam mengedit, menulis ulang, dan menghaluskan tulisan anda sebelum memberikannya kepada orang lain untuk dibaca.

Bahkan jika anda membutuhkan beberapa hari untuk melanjutkan dan memperbaikinya, silahkan untuk dilakukan tapi pastikan anda betul-betul kembali memiliki semangat untuk mengerjakannya.

Hindari menggunakan bentuk kata yang salah.

Gunakan kata-kata dalam bentuk yang menyampaikan maksud anda dengan jelas dan sesederhana mungkin.

Contohnya, perhatikan kalimat berikut (english yah) ” the low rate of encounters was a reflection of population density reductions.” versus: ” The low rate of encounters reflects a reduced population density.” dengan mudah kita akan melihat bahwa kalimat kedua lebih sesuai untuk kita gunakan.

Jangan menggunakan banyak kata, jika bisa lebih sedikit.

Jangan menggunakan kata-kata yang panjang jika ternyata kata yang pendek dapat memberikan arti yang sama.

Contohnya:

  • “utilization” vs “use”
  • “In order to” vs “to”

Jangan menggunakan kata-kata spesifik dengan tujuan untuk membuat tulisan anda lebih terlihat saintifik, akademik ketika pesan yang ingin anda sampaikan dapat ditampilkan sebaliknya.

Gunakan outline untuk mengorganisasi ide dan tulisan.

Saat pertama kali menulis paper/prioject, buatlah outline untuk semua judul. Kemudian list ide kunci untuk semua judul itu. Pisahkan tiga hal berikut: (1) Mencari tahu apa yang ingin anda sampaikan?; (2) rencanakan sususan logis dari argumen; dan (3) menyusun bahasa yang tepat, yang akan mengekpresikan ide anda.

Pikirkan tentang struktur paragraf.

Meskipun sebagian besar penulis dapat menulis kalimat yang masuk akal. Tetapi penulis terkadang kesulitan dalam mengatur kalimat menjadi paragraf yang efektif.

Sebuah prograf yang baik harusnya dimulai dengan kalimat topik yang jelas, dna membukan jalan untuk kalimat selanjutnya. bagun paragraf dari ide-ide yang telah disampaikan dalam tpik anda, kemudian buat aliran kalimat yang mengikuti urutan logis.

NB: Saya akan membuat postingan khusus untuk bagian ini.

Perhatikan tenses yang anda gunakan.

Penggunakan tenses yang tidak sesuai atau tidka konsisten, menjadi salah satu masalah serius bagi para penulis. Apa yang anda lakukan atau orang lain lakukan di masalalu .. harus ditulikan dalam bentuk past (misalkan we were collected). kejadian atau objek yang terjadi atau masih ada dapat dituliskan dalam bentuk present tenses. (Misalkan: in this paper, i examine…. the data reject the hypothesis….).

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan untuk membagikannya, memberi komentar, dan meng klik iklannya…. Hal ini dapat menjaga eksistensi website ini. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *