Soal latihan, Kinematika Gerak 1 dan 2 Dimensi

Soal Latihan Gerak 1 Dimensi.

Gerak Lurus Beraturan (GLB)

  1. Faruq mengayuh sepeda dengan kecepatan konstan 720 m/jam. Berapa lama kah waktu yang dibutuhkan untuk Fqruh mengayuh sepeda sejauh 2 km?
  2. Dua orang sahabat lama bertemu di stasiun kereta api. Jarak antara keduanya adalah 500 m. Jika keduanya saling bergerak mendekati dan akhirnya bertemu setelah 10 detik berlari. Berapakah kecepatan masing-masing orang, jika diketahui satu orang dapat berlari 3 kali lebih cepat dari yang lain?
  3. Dua buah mobil (A dan B) saling kejar-kejaran di jalan yang luruh dengan kecepatan konstan. Jika mobil A sedang berada 50 m di depan dengan kecepatan 36 km/jam, sedangkan mobil B (yang berada dibelakang) dengan kecepatan 72 km/jam. Berapa lama waktu yang dibutuhkan mobil B untuk menyusul mobil A?

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

  1. sebuah pesawat terbang, memerlukan kecepatan minimal untuk lepas landas sebesar 100 m/s. Berapakah panjang lintasan minimal hanggar terbang pesawat ini jika percepatan maksimal pesawat adalah 5 m/s2.
  2. Benda mula-mula diam, kemudian memperoleh gaya yang membuatnya dipercepat (2 m/s2). Tentukanlah kecepatan dan perpindahan benda tersebut setelah 15 detik.
  3. Louis sedang berada pada gedung setinggi 100 m, ketika dia terpeleset ke bawah dengan kecepatan awal nol. 1 detik kemudian Superman datang hendak menolong dengan kecepatan awal 20 m/s. Apakah Superman berhasil menyelamatkan Louis? Tunjukkan jawaban anda melalui hasil perhitungan. g = 10 m/s2.

Soal Latihan Gerak Pada 2 Dimensi.

Gerak parabola.

Ilustrasi gerak parabola untuk menyelesaikan soal latihan

  1. Tunjukkan bahwa peluru meriam yang ditembahkan dengan kecepatan awal vo dan sudut kemiringan θ, akan memiliki persamaan ketinggian maksimum yang memenuhi hubungan:
Hmax=\frac{v_o^2 sin^2 \theta}{2g}

2. Sebuah meriam di posisikan membentuk sudut 15o terhadap horizontal. Jika peluru dari meriam itu ditembakkan dengan kecepatan vo. Dan akhirnya tepat mengenai sasaran pada jarak 500 m. Berapakah vo. Jika g=10 m/s2.

3. Berapakah nilai kemiringan terhadap horizontal untuk memperoleh jangkauan paling maksimal pada gerak peluru?

4. Berapakah perbandingan tinggi maksimum terhadap jangkauan maksimum benda yang bergerak dalam lintasan parabola jika nilai sudut kemiringannya terhadap horizontal adalah 45o ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *